Minggu, 13 Maret 2011

PERENCANAAN PROMOSI KESEHATAN


LANGKAH PERENCANAAN PROMKES
Langkah 1. Mengkaji Kebutuhan Promkes pada Klien Sebagai Individu
a.      Pengkajian Faktor Predisposisi
1.      Pengkajian Riwayat Keperawatan
-          Kelompok Usia
-          Pendidikan
-          Pekerjaan
-          Dll

2.      Pengkajian Fisik
-          Status Mental
-          Kekuatan Fisik
-          Status Nutrisi
-          Kemampuan melihat dan mendengar

3.      Pengkajian Kesiapan Klien untuk belajar
Contoh: Pasien yang siap belajar cenderung aktif mencari informasi dengan bertanya, membaca artikel, tukar pendapat dengan sesama pasien
4.      Pengkajian Motivasi

5.      Pengkajian Kemampuan Membaca

b.      Pengkajian Faktor Enabling/ Pemungkin
Sumber daya yang dimiliki oleh klien

c.       Pengkajian Faktor Reinforcing/ Penguat
Faktor penguat adalah factor yang menentukan apakah tindakan kesehatan memperoleh dukungan atau tidak.
Dalam pendidikan kesehatan klien dirumah sakit, misalnya penguat diberikan oleh perawat, dokter, ahli gizi, sesame pasien, keluarga dll

Langkah 2. Mengembangkan Komponen Promkes
a.       Menentukan Tujuan
b.      Menentukan Sasaran
c.       Menentukan Metode
d.      Menentukan Media
e.       Membuat Materi
f.       Membuat Rencana Evaluasi




















Untuk mengembangkan komponen promosi kesehatan pada klien sebagai  individu  dapat menggunakan format dibawah sbb:



SATUAN ACARA PENYULUHAN INDIVIDU/ SAP INDIVIDU

1. Pokok Bahasan                   :
2. Sub Pokok Bahasan            :
3. Sasaran                                :
4. Waktu                                 :
5. Tempat                                :
6. Hari/ Tanggal                      :
7. Tujuan                                 :
            Tujuan Umum             :
            Tujuan Khusus            :
8. Kegiatan                              :
No
Langkah-langkah
Waktu
Kegiatan Penyuluh
Kegiatan Sasaran
1
Pendahuluan



2
Penyajian



3
Evaluasi



4
Penutup




9. Metode                                :
10. Media                                :
11. Materi                                : ---Terlampir----
12. Evaluasi                             :
13. Daftar Pustaka                  :


Ttd,
Penyuluh



Nama Terang


































PRAKTEK

Ilustrasi 1!
Inayah adalah seorang ibu 3 anak yang sedang menjalani perawatan di sebuah RS, Inayah berumur 35 tahun, pendidikan terakhir SMA, bekerja sebagai karyawati di sebuah pabrik rokok dengan masa kerja 10 tahun. Diagnosa dokter menyatakan bahwa Inayah menderita penyakit TBC dan harus menjalani perawatan secara tuntas karena berpotensi untuk menularkan kepada orang lain utamanya keluarga yang satu rumah. Ibaratkan pada saat itu, Saudara/Saudari adalah perawat yang kebetulan ditugaskan untuk merawat Ibu Inayah dan ditugaskan untuk memberikan pendidikan kesehatan tentang penyakit TBC, dengan harapan Ibu Inayah cepat sehat dan tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain/keluarga

Ilustrasi 2!
Di ruang Ibu dan Anak RS “A” seorang Ibu bernama Ratih umur 24 tahun, baru saja melahirkan. Pendidikan terakhir si Ibu adalah sarjana. Setelah melahirkan si Ibu tidak berkenan untuk menyusui dengan alasan kosmetik, khawatir bentuk payudara tidak bagus dll. Dari kasus tersebut, buatlah rencana penyuluhan/pendidikan tentang pentingnya ASI  sehingga secara perlahan si Ibu mau dan mampu untuk menyusui si bayi secara baik dan benar!


PRAKTEK

Ilustrasi 1!
Inayah adalah seorang ibu 3 anak yang sedang menjalani perawatan di sebuah RS, Inayah berumur 35 tahun, pendidikan terakhir SMA, bekerja sebagai karyawati di sebuah pabrik rokok dengan masa kerja 10 tahun. Diagnosa dokter menyatakan bahwa Inayah menderita penyakit TBC dan harus menjalani perawatan secara tuntas karena berpotensi untuk menularkan kepada orang lain utamanya keluarga yang satu rumah. Ibaratkan pada saat itu, Saudara/Saudari adalah perawat yang kebetulan ditugaskan untuk merawat Ibu Inayah dan ditugaskan untuk memberikan pendidikan kesehatan tentang penyakit TBC, dengan harapan Ibu Inayah cepat sehat dan tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain/keluarga

Ilustrasi 2!
Di ruang Ibu dan Anak RS “A” seorang Ibu bernama Ratih umur 24 tahun, baru saja melahirkan. Pendidikan terakhir si Ibu adalah sarjana. Setelah melahirkan si Ibu tidak berkenan untuk menyusui dengan alasan kosmetik, khawatir bentuk payudara tidak bagus dll. Dari kasus tersebut, buatlah rencana penyuluhan/pendidikan tentang pentingnya ASI  sehingga secara perlahan si Ibu mau dan mampu untuk menyusui si bayi secara baik dan benar!

PRAKTEK

Ilustrasi 1!
Inayah adalah seorang ibu 3 anak yang sedang menjalani perawatan di sebuah RS, Inayah berumur 35 tahun, pendidikan terakhir SMA, bekerja sebagai karyawati di sebuah pabrik rokok dengan masa kerja 10 tahun. Diagnosa dokter menyatakan bahwa Inayah menderita penyakit TBC dan harus menjalani perawatan secara tuntas karena berpotensi untuk menularkan kepada orang lain utamanya keluarga yang satu rumah. Ibaratkan pada saat itu, Saudara/Saudari adalah perawat yang kebetulan ditugaskan untuk merawat Ibu Inayah dan ditugaskan untuk memberikan pendidikan kesehatan tentang penyakit TBC, dengan harapan Ibu Inayah cepat sehat dan tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain/keluarga

Ilustrasi 2!
Di ruang Ibu dan Anak RS “A” seorang Ibu bernama Ratih umur 24 tahun, baru saja melahirkan. Pendidikan terakhir si Ibu adalah sarjana. Setelah melahirkan si Ibu tidak berkenan untuk menyusui dengan alasan kosmetik, khawatir bentuk payudara tidak bagus dll. Dari kasus tersebut, buatlah rencana penyuluhan/pendidikan tentang pentingnya ASI  sehingga secara perlahan si Ibu mau dan mampu untuk menyusui si bayi secara baik dan benar!








TAKE HOME TEST
( UAS PROMKES )

BUATLAH SATUAN ACARA PENYULUHAN INDIVIDU DENGAN TOPIK BEBAS, DENGAN SUSUNAN SBB:

SATUAN ACARA PENYULUHAN INDIVIDU/ SAP INDIVIDU

1. Pokok Bahasan                   :
2. Sub Pokok Bahasan            :
3. Sasaran                                :
4. Waktu                                 :
5. Tempat                                :
6. Hari/ Tanggal                      :
7. Tujuan                                 :
            Tujuan Umum             :
            Tujuan Khusus            :
8. Kegiatan                              :
No
Langkah-langkah
Waktu
Kegiatan Penyuluh
Kegiatan Sasaran
1
Pendahuluan



2
Penyajian



3
Evaluasi



4
Penutup




9. Metode                                :
10. Media                                :
11. Materi                                : ---Terlampir----
12. Evaluasi                             :
13. Daftar Pustaka                  :


Ttd,
Penyuluh



Nama Terang











2 komentar:

  1. uda bgus isi blog.x...
    dan lbih bgus lgi klw promosi kesehatannya tentang ap yag akn d promosikan kpada masyarakat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju....
      jadi kan bisa liat contohnya kayak gimana....
      hehehehe
      ^^

      Hapus